Kamis, 29 Januari 2015


Baik, semuanya kali ini saya akan bahas tentang mengenal salah satu fitur yang akan digunakan Jadul-Subs di rilisan berikutnya. kalau kalian ingin lebih jelasnya tentang Matroska itu sendiri dan penjelsanya bisa dicek di sini. karena saya takkan menjelaskan semua fiturnya hanya tentang chapternya saja.


Secara garis besar fitur dari Matroska yang saya dapat itu :

  • Fast seeking in the file
  • Chapter entries
  • Full metadata (tags) support
  • Selectable subtitle/audio/video streams
  • Modularly expandable
  • Error resilience (can recover playback even when the stream is damaged)
  • Streamable over the internet and local networks (HTTP, CIFS, FTP, etc)
  • Menus (like DVDs have)
Saya pertebal Chapter Entries karena itu yang akan kita bahas dan lebih spesifiknya kita ke bagian fitur yang menurut saya pribadi sangat menguntungkan yaitu Ordered Chapter.

Apa itu Ordered Chapter?
sepengetahuan saya ordered chapter itu suatu fitur dimana kita bisa membuka beberapa file sekaligus dalam satu file (secara berurutan ataupun tidak) tergantung dari pengaturan chapter itu sendiri dengan menggunakan SUID dari video itu. mungkin banyak dari kita yang menemukan video dari fansub luar negeri seperti Coalgirls, THORA, dan sebagainya menggunakan fitur ini.

intinya kita bisa lihat bahwa kita punya file OP, ED, dan  Main Episode yang terpisah dari episodenya namun kita bisa menyetel kedua file tersebut hanya dengan menyetel Main Episodenya .

Apa Untungnya Menggunakan Ordered Chapter?
Dengan menggunakan fitur ini bisa kita hitung jika OP dan ED setiap episode sama itu sama dan ada pada setiap episode, anggap OP EDnya misal berukuran 100 MB (biar HD) lalu filmnya ada 25 episode. kalau kita hitung 100 x 25 = 2500 MB = 2,5 GB. kita telah membuang space di media penyimpanan kita sebesar 2,5 GB. dengan fitur ini ktia bisa berhemat sebesar 2,4 GBnya karena kita hanya perlu satu. bagaimana untung bukan? :-)

Ditambah kita bisa edit videonya yang tadinya OP EDnya ada tulisanya nama pemain dan bla-bla... kita bisa ganti dengan yang NCOP NCEDnya jika ada. menarik bukan?

Sepertinya Menarik, Bagaimana Caranya Agar Fitur Tersebut Bisa Berjalan Lancar?
Singkatnya anda butuh media player yang mendukung fitur tersebut, dan sejauh ini yang saya coba anda bisa gunakan untuk codecnya anda bisa pilih K-Lite Codec Pack atau CCCP. bebas terserah anda, dan untuk media playernya saya sudah coba MPC (yang diikut sertakan dalam KLCP dan CCCP) lalu VLC, mplayer, dan Windows Media Player.

PENTING
Simpan OP, ED, Main Episode dalam satu folder untuk bisa berjalan.

Android Bagaimana?
Untuk Android saya belum coba tapi dari banyaknya laporan ada yang bilang VLC dan MXPlayer bisa, nanti akan saya update kalau saya tau kebenarnya.

Konklusinya
Cukup Instal Codec - Simpan data dalam satu folder - tonton dengan video playernya.

Boleh Saya Rename Filenya?
Why not? kalian bisa rename sesukanya karena yang digunakan disini adalah SUID video yang berekstensi MKV itu sendiri. jadi bebas selama file itu tidak diremux. kalau diremux merubah SUIDnya sehingga harus diedit kembali Chapternya.

Kenapa Jadul-Subs Tiba-Tiba Membahas yang Seperti ini?
Karena saya ingin berbagi ilmu dengan kalian serta semoga dengan post ini takkan terjadi pertanyaan yang sama untuk nanti rilisan anime yang berordered chapter. karena Jadul-Subs berencana menggunakan Ordered Chapter untuk mengatasi masalah boros bandwith dan tempat penyimpanan

Saya Tertarik dengan Fitur ini, Saya ingin Mempelajari Cara Membuatnya?
Mungkin lain kali saya post caranya, atau kalau kalian tidak sabar kalian bisa lihat di sini

Oke, cukup sekian jika merasa kesulitan, atau ada pertanyaan jangan malu untuk bertanya. saya akan coba jawab sebisa saya. so, Good bye! See you next time!

{ 4 Comentar... read them below or Comment }

  1. Klo cara gabungin file yg pakai format ordered chapter gimana min'?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai mkvtoolnix. nanti akan dipos pembahasannya. sekarang sedang menuju UAS jadi libur dulu

      Hapus
  2. Dg MX player bisa ngak?

    BalasHapus
  3. Ditunnggu kelanjutannya om,
    terutama Merge ordered Chapters
    Thanks

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Jadul-Subs - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Re-Design by Jadul-Subs -